Kamis, 17 Januari 2013

EMTK Bakal Akuisisi Perusahaan Tahun Depan


JAKARTA. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk menargetkan bisa mengakuisisi satu sampai dua perusahaan di bidang media atau nonmedia untuk memperluas jangkauan bisnis tahun depan. Emiten berkode EMTK mengkaji beberapa perusahaan potensial. Ini mereka lakukan untuk memperkuat tiga lini bisnisnya, yakni di bidang televisi berbayar (pay TV), media online, dan production house (PH).

"Kami membuka peluang untuk akuisisi bisnis baru bisa di dalam maupun luar. Kalau nilai akuisisinya tidak besar dan dana kami cukup, kami akan akuisisi lebih dari satu perusahaan," ujar Presiden Direktur EMTK, Sutanto Hartono, beberapa waktu lalu. Saat ini perseroan sedang dalam proses due diligence untuk akuisisi.

Namun, manajemen masih enggan menyebut nilai akuisisi tersebut. Sutanto mengatakan, akan memanfaatkan kas internal untuk membiayai ekspansi. Hingga kuartal III 2012, posisi kas setara kas EMTK mencapai Rp 3,67 triliun. Dia bilang, EMTK melirik peluang usaha di bidang advertising based atau periklanan dan online payment. "Kami masih belum bisa pastikan, tetapi potensi bisnis di sektor itu cukup bagus dan potensial," ujar dia.

Tahun depan, EMTK juga akan mengembangkan platform dan konten Nexmedia, produk televisi berbayar yang diluncurkan tahun ini. Mereka juga ingin memindahkan jaringan televisi berbasis analog menjadi digital.
Nantinya, EMTK akan ekspansi membangun beberapa jaringan tambahan di luar Jakarta. Pada tahap awal, jaringan baru itu akan dibangun di kota besar seperti Bandung dan Semarang. "Kami akan investasi transmisi mempertajam kualitas siaran Nexmedia," kata dia.

EMTK juga akan mengembangkan bisnis media online dengan mengeluarkan produk baru. Yaitu, www.liputan6.com. Bisnis ini berada di bawah payung anak usahanya, PT Kreatif Media Karya. Perseroan ini juga akan membuat production house baru dan menggeber produk animasi melalui anak usaha EMTK, PT Animasi Kartun Indonesia.

Sutanto berharap, ekspansi ini akan meningkatkan pendapatan sekitar 25% atau mencapai Rp 5,37 triliun. Naik dari proyeksi tahun ini yang sekitar Rp 4,96 triliun atau tumbuh 20% dari year-on-year (yoy) dari tahun lalu Rp 4,13 triliun.

Hingga kuartal III 2012, EMTK mencatatkan pendapatan Rp 3,4 triliun, naik 12,3% yoy. Sementara, laba bersih Rp 3,19 triliun naik 374% yoy. 

Sutanto bilang, bisnis EMTK menanjak pasca melepas kepemilikan saham di PT Indosiar Karya Media Tbk (IDKM) dan PT Surya Citra Media Tbk (SCMA). Dari aksi korporasi itu, EMTK berhasil meraup dana sebesar Rp 1,68 triliun.

Akibatnya, EMTK mempunyai kas yang besar untuk menggelar ekspansi. "Kalau nanti nilai akuisisi perusahaan baru besar, kami bisa menarik pinjaman karena posisi utang masih cukup rendah," kata Sutanto.
Harga saham EMTK pada Jumat (21/12) tak bergerak dari level Rp 3.900 per saham.[KONTAN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar