Senin, 27 Agustus 2012

Karyawan Merayakan Pengunduran Diri Kepala HRD SCTV

Selama gue gabung di SCTV selama sepuluh tahun ini belum pernah ngeliat atawa ngedenger kalo karyawan begitu bergembira dan bersuka ria waktu ngebaca surat pengunduran diri Kepala HRD SCTV yang namanya Immanuel Soeiono. Obrolan di kantin, warung, gang-gang, musholla sampe tempat parkir gak lepas dari soal yang satu itu.
 
Mereka bersyukur karna biang kezhaliman sekaligus biang kekacauan nasib puluhan karyawan SCTV sudah dilengserkan. Meski iNoel bilang mundur, karyawan-karyawan tetap yakin kalo dia itu dilengserkan. Mereka juga coba nebak-nebak manggis soal pelengseran itu. Tapi, gue sih punya catatan sendiri:
 
1. iNoel itu jago banget buat ngacak-ngacak pembagian bonus dan pemandegan gaji karyawan. Dia lihai memainkan rumus-rumus pabrik dan mendokrin para menejer karbitan buat patuh ngejalanin rumus-rumusnya. Hasilnya, dua taon ini karyawan makin resah.
 
2. iNoel itu juga jago banget buat urusan ngerancang hukuman buat karyawan-karyawan yang jadi TO. Biar gak kena sasaran, staf-staf carmukan kayak Fauzan Muslim atawa Widodo dijadiin pelor. Gak heran, dua taon ini isu pemaksaan pendi makin rame dan bikin karyawan tuwir pada belingsatan.
 
3. iNoel itu juga dalang dalam pengalihan status 150 orang staf GA dari karyawan tetap SCTV menjadi karyawan outsourcing di bawah ISS. Dia pintar memainkan intimidasi, tekanan-tekanan, ancaman dan menjadikan trio kwek-kwek Widodo, Fauzan dan Joko sebagai pelor. Buntutnya, 45 orang karyawan berontak dan 42 orang diantaranya terus bakal ngelabrak.
 
4. iNoel itu biang yang bikin SCTV gak menghargai Komnas HAM, nyoba nyogok staf Dinas Tenaga Kerja Jakpus, nyoba nyogok pengacara Aspek dan bikin mediasi selalu ketemu jalan buntu.
 
5. iNoel yang jadi biang keladi wafatnya putra salah satu staf GA yang sekarang diskorsing lantaran ikut nolak kebijakan pengalihan status itu. Atas perintahnya, staf HRD menutup semua akses dan asuransi kesehatan karyawan-karywan yang diskorsing.
 
Akhir cerita, mustahil juga ulah iNoel gak diketahui dan direstui pemilik SCTV. Jangan-jangan pengunduran dirinya cuma akal-akalan buat meredam ancaman demo buruh sejabotabek bulan depan? Atau cuma alasan pemilik SCTV buat cuci tangan. Ah, pokoknya ane mau gembira dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar